Langsung ke konten utama

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa

Masa-masa pelajar adalah masa pertama kali kita masuk ke usia produktif, yakni berkisar antara 15-65 tahun, jadi wajar jikalau kita ingin terus menciptakan dan menghasilkan sesuatu. Beruntung anda lahir di era globalisasi, sehingga anda lebih mudah dalam melakukan segala hal, termasuk bekerja. Berhubung saya anak SMP, saya ingin bagiin kepada kalian beberapa peluang usaha yang bisa dijadikan bisnis untuk kalian yang masih pelajar.

Beberapa pelajar mungkin beranggapan bahwa masa-masa pelajar adalah masa untuk bersenang-senang. Namun, sebagian lagi beranggapan bahwa pelajar juga harus bisa bekerja membantu perekonomian orang tua. Sebaiknya anda membatasi diri anda dengan dunia luar, anda harus tahu batas-batas anda, jangan sampai kebablasan dalam hal bergaul karena itu justru akan merusak masa depan anda.

Nah, daripada anda terlalu bersenang-senang dan terlalu banyak bermain. Alangkah baiknya untuk menyisihkan sedikit waktu anda untuk bekerja. Tak perlu kerja berat, faktanya sekarang banyak pekerjaan yang bisa anda lakukan sambil tiduran di kamar. Nah, berikut ini adalah beberapa bisnis yang cocok untuk anak SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa.

1. Blogging

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa

Berhubung saya juga anak SMP kelas IX di salah satu SMP ternama di Jakarta Utara, saya juga sedang menekuni dalam bidang menulis. Walaupun, jika anda lihat tulisan saya tidak sebagus Tere Liye atau Raditya Dika, ya setidaknya bisa bermanfaat dan membantu dalam menyelesaikan suatu masalah. Karena dalam menulis, anda dituntut untuk mendedikasikan diri terjun ke dalamnya, jadi satu tulisan saja tidak akan berarti dan tidak akan membuat anda terkenal dalam jangka panjang.

Ternyata menulis artikel di blog juga bisa menghasilkan pundi-pundi dolar lho. Caranya gimana? Pertama, anda harus berdedikasi penuh dalam menulis dan terjun ke dalamnya dengan cara belajar serta berlatih menulis, kemudian buatlah sebuah blog. Nah, anda harus rajin dan rutin dalam menulis artikel di blog tersebut, jika blog anda sudah memiliki banyak pengunjung, silahkan untuk mendaftarkan diri ke Adsense.

Jika diterima, anda akan memasang iklan dari Adsense ke blog anda, dan jika ada yang mengeklik iklan tersebut anda akan diberikan upah sesuai dengan nominal yang telah disepakati. Mudah bukan, untuk info selengkapnya baca disini.

2. Menjual pulsa

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa

Menjual pulsa sangat direkomendasikan kepada anda yang memang bermental pebisnis dan tentunya memiliki modal yang cukup. Caranya siapkan dulu modal untuk membeli pulsa sebanyak yang anda inginkan di agen pulsa, kemudian siapkan sebuah handphone genggam untuk mengirim pulsa ke orang lain. Tempat yang cocok untuk berjualan adalah di sekitar rumah anda atau anda juga bisa menawarkannya kepada teman-teman anda.

Jika di sekolah sedang ada jam kosong atau sedang freeclass, kamu boleh tuh tawarin sama temen-temen kamu yang lagi bawa hape. Namun, kendala yang sering dialami pelajar dalam berbisnis adalah gengsi. Nah, kamu harus sebisa mungkin utnuk menyingkirkan gengsi tersebut dalam diri kamu. Caranya yakni lu harus pede dan percaya bahwa hal yang lu lakukan itu bermanfaat. Kan lumayan duit hasil jualannya bisa buat nonton di bioskop atau gak neraktir temen di K*FC.

3. Copywriter

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa

Sebenarnya copywriter ini lebih diutamakan untuk pelajar SMA/SMK seperti yang tertera pada Students Job Indonesia. Namun, jika kamu adalah orang yang gemar bahkan hobi menulis. Tak ada salahnya untuk mempelajari teknik copywriting, karena keberadaan copywriting ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin berkembang di dunia digital, yakni Internet.

Copywriter berperan membuat teks atau artikel untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa dengan cara yang menarik. Skill seorang copywriter dapat diuji dengan cara melihat apakah dia mampu membuat sebuha artikel yang dapat membuat pembaca tertarik, penasaran, gregetan, atau bahkan tergerak untuk menggunakan produk tersebut.

Tertarik untuk jadi copywriter? Tentunya untuk menjadi seorang copywriter dibutuhkan keterampilan dan keahlian. Untuk itu, teruslah belajar dan berlatih dengan cara membaca-baca artikel tentang copywriting yang ada di Google, kemudian tawarkan jasa anda di Facebook, Twitter, Instagram, atau bisa dengan melamar di Students Job Indonesia.

4. Menulis di platform berita

Selain menjadi seorang copywriter, kamu juga bisa menunjukkan kreatifitasmu dengan menulis artikel di platform berita, seperti Babe, Baca, JalanTikus, atau Nulis. Yang penting, kamu harus minimal mengetahui seluk-beluk menulis misalnya seperti Listicle yaitu menulis artikel dengan cara membagi menjadi beberapa poin seperti artikel saya ini.

Untuk menjadi penulis pada platform berita, tentunya anda harus membuat akun terlebih dahulu, kemudian pikirkan berita apa yang sedang viral disekitarmu, lalu cobalah kamu ulas dengan gaya bahasamu sendiri dan tambahkan juga beberapa gambar yang menarik, setelah itu tunggu beberapa waktu hingga artikel anda disetujui.

Perlu diketahui, anda akan digaji sesuai dengan berapa banyak artikel anda ditayangkan, misalnya JalanTikus akan membayar anda sebanyak Rp 150.000/artikel jika artikel tersebut berhasil menembus sebanyak 10.000 viewers, tentunya angka segitu adalah sedikit karena faktanya website besar seperti Jalan Tikus tentu sudah memiliki ratusan juta viewers perharinya.

5. Endorsement

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa

Kali ini agak sediki menghayal ya, menjadi endorsement mungkin menjadi impian banyak orang, tidak terkecuali pelajar terutama para ciwi-ciwi. Karena dengan menjadi endorsment kita akan mendapatkan banyak uang dan juga barang endors-an dalam waktu yang singkat. Namun, untuk menjadi seorang endorsment, anda tentu harus memiliki banyak pengikut di Instagram.

Untuk pengakalan, jika anda mempunyai wajah yang lumayan, cobalah untuk mengupload foto-foto menarik anda di Instagram. Kemudian lakukan hal tersebut secara rutin, jika followers anda sudah banyak, saya yakin banyak orang yang produknya ingin anda endorse. Atau anda juga bisa menggunakan cara curang yakni dengan membeli human followers.

Saat ini, banyak sekali pelajar yang menjadi endorsement, misalnya para pemain aplikasi Tiktok seperti Bowo Alpenlibe, Rafi Sanjaya, dan anak-anak alay lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per dua. Nah, jika anda berminat untuk menjadi endorsement, tentunya anda harus memiliki modal yang cukup seperti percaya diri, kreatifitas, dan juga aktif di Instagram.

6. Membuat template blog

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa

Nah, jika sebelumnya adalah menulis di blog. Kamu juga bisa lho membuat template blog kemudian dijual kepada para blogger. Jika 1 template blog kamu jual seharga Rp 150.000, bayangkan berapa uang yang akan kamu dapat jika template tersebut terjual sebanyak 15 buah, wah tentu banyak sekali bukan. Ini sangat menguntungkan karena template blog tersebut bisa kamu jual hingga bertahun-tahun.

Namun, ada sebuah kelemahan ketika anda menjual template blog, yakni ketika template anda disebar-luaskan secara bebas oleh orang yang membeli kepada anda. Tapi tenang aja, karena masalah ini bisa ditangani dengan cara melaporkan orang tersebut kepada pihak berwajib atas asas pelanggaran hak cipta. 

Untuk membuat template blog, tentu kamu harus menguasai kode-kode pemrograman seperti HTML, JavaScript, dan CSS. Anda bisa mempelajari mereka semua di www.w3schools.com, ini tidak bayar alias gratis. Teruslah belajar dan berlatih hingga anda bisa menjual template yang berkualitas dan juga banyak peminatnya, contohnya seperti Mas Sugeng dengan blognya yaitu sugeng.id.

Mas Sugeng telah membuat banyak template blog dan semua template ciptaan Mas Sugeng memiliki banyak peminat. Seperti yang baru-baru ini, Ia membuat sebuah template blog modern bernama VioMagz. Baru beberapa hari dirilis, template tersebut sudah dibeli oleh ratusan blogger. Contoh templatenya yakni seperti yang saya gunakan di blog saya.

7. Menjual artikel

7 Bisnis Online yang Cocok untuk Pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa

Nah yang terakhir juga tak kalah hebat yakni menjual artikel. Saat ini banyak sekali jasa pembuatan artikel untuk para Blogger yang mungkin malas untuk menulis banyak artikel. Setiap artikel yang kamu buat bisa berharga sekitar Rp 8000 atau lebih. Cara berjualan artikel yaitu pertama tawarkan dulu jasa anda. Misalnya seperti ini...

Jasa Pembuatan Artikel Berkualitas dan Terpercaya : 10 artikel = 80.000, 20 artikel = 150.000 (potongan 10.000), 30 artikel = 200.000 (potongan 30.000) dan seterusnya. 

Untuk menjadi penjual artikel, anda harus rajin dan konsisten dalam menulis artikel. Jadi, jangan pernah malas dalam menulis. Karena faktanya banyak penipu yang berkedok sebagai penjual artikel, mereka menjual artikel dengan metode transaksi yaitu transfer bank. Namun, ketika uang sudah di-transfer, penjual tersebut kabur dan hilang entah kemana, mungkin ditelan bumi.

Selain, teruslah berlatih menulis artikel yang berkualitas. Perlu diketahui bahwa artikel yang berkualitas adalah artikel yang jumlah kata-nya sebanyak 800+ kata. Selain itu, perbanyaklah perbendaharaan kosakata anda yakni dengan rajin membaca karya-karya para penulis hebat diluar sana.

Nah, itu sajalah beberapa bisnis online yang cocok untuk pelajar SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa. Seperti kata orang, tidak ada yang instan di dunia ini. Jadi, anda harus terus berusaha hingga anda menjadi orang yang sukses. Seperti kata pepatah juga, tidak ada hasil yang menghianati usaha. Tetap berjuang untuk membahagiakan orang tua anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Efektif Memperbaiki PFC yang Rusak Akibat Pornografi

PFC adalah bagian otak yang paling krusial dan mudah sekali rusak. PFC menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai pusat pertimbangan dan pengambilan keputasan. Bagian tersebut memimpin dan bertangung jawab untuk berkonsentrasi, memahami benar dan salah, menunda kepuasan, mengendalikan diri, dan merencanakan masa depan. Namun, seiring dengan waktu, kemampuan PFC makin melemah disebabkan benturan, narkoba dan psikotropika. Ada hal yang sangat mampu merusak PFC namun banyak orang tidak menyadarinya, yaitu pornografi. Pornografi merupakan masalah bagi setiap orang, karena kita bisa menikmatinya dimana saja seperti di televisi, handphone, dan laptop. Kamu perlu tahu, beberapa ciri PFC rusak, yaitu kamu mengalami kecanduan dan sulit rasanya untuk mengendalikan diri. Kemudian, daya ingat kamu melemah dan lebih suka menyendiri. Jika kamu punya riwayat buruk seperti sering menonton video porno, maka segeralah untuk meninggalkan hal tersebut sebelum terjadi kerusakan permanen dan menimbulka

5 Cara Agar Suara Bagus saat Bernyanyi di Hago Idol

Hago Idol menjadi ajang penyaluran bakat online bagi para pecinta musik. Kamu bisa bernyanyi dengan leluasa di Hago Idol sambil didengarkan user lain yang berada dalam satu ruangan. Setiap kursi dalam ruangan Hago Idol berisi 8 orang dan biasanya terdapat aturan-aturan tertentu yang dibuat oleh user yang duduk di bangku pertama. Host berhak membuka dan menutup kursi serta mengeluarkan user karena alasan tertentu seperti mengganggu user yang sedang bernyanyi. Namun, terdapat permasalahan pelik yang membuat Hago Idol kurang kondusif yaitu masalah jaringan yang tersendat-sendat sehingga suara yang dihasilkan menjadi patah-patah serta masalah error lainnya. Hal ini tentu sangat mengganggu telinga pendengar dan kamu pun akan merasa tidak nyaman saat berada di ruangan Hago Idol. Maka itu, admin disini ingin memberikan tips agar suara bagus dan tidak BPJS (istilah dalam hago idol), supaya kamu bisa bernyanyi dengan lebih nyaman. Baca juga :  7 Investasi untuk Pelajar Supaya jadi Milyarder di

5 Cara Cool Menjadi Cowok Dingin dan Cuek

Cowok dingin terutama yang berparas tampan merupakan idaman para wanita. Banyak sekali wanita yang tergila-gila dengan cowok dingin. Cowok dingin bukan berarti cowok tersebut habis keluar dari kulkas ataupun ac. Namun, cowok dingin adalah cowok yang sikapnya cuek seakan-akan tidak peduli dengan keadaan sekitar, walaupun sedikit angkuh, justru malah banyak cewek yang tertarik dengan cowok dengan kepribadian tersebut. Untuk menjadi cowok dingin dan cuek, anda harus siapkan mental dan juga berlatih menahan diri. Karena dalam proses menjadi dingin, anda akan menemukan banyak sekali hambatan dan tantangan. Terkadang juga respon yang diberikan oleh cewek-cewek sekitar dapat membuat anda gagal untuk menjadi cowok yang dingin. Baca juga :  7 Usaha Paling Laris dan Menguntungkan di Pasar Tradisional Nah, berikut ini adalah cara menjadi cowok dingin dan cuek. 1. Percaya diri Percaya diri adalah kunci utama dalam menjadi cowok dingin. Apabila anda tidak percaya diri, maka kemung